Ukraina-Rusia Bertempur Sengit di Timur dan Selatan

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:09 WIB
loading...
Ukraina-Rusia Bertempur Sengit di Timur dan Selatan
Prajurit Ukraina menembakkan sistem roket peluncuran ganda kecil RAK-SA-12 ke arah pasukan Rusia di dekat kota garis depan Bakhmut, Donetsk, 10 Juli 2023. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Militer Ukraina pada Selasa (11/7/2023) melaporkan pertempuran sengit di timur dan tenggara. Wilayah itu menjadi teater utama dari upaya Kiev merebut kembali tanah yang dikuasai Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menunjukkan tahap awal serangan balasan di kedua wilayah tersebut akan direncanakan. Namun dia juga berharap kemajuannya lebih cepat.

Catatan Rusia dari garis depan juga menguraikan bentrokan, termasuk pertahanannya yang berhasil di daerah dekat kota Bakhmut yang hancur.

Juru bicara Staf Umum Ukraina, Andriy Kovaliov, mengatakan pasukan Ukraina telah memukul mundur kemajuan Rusia yang didukung serangan artileri di dekat dua kota di utara Bakhmut. Kota itu direbut tentara bayaran Rusia pada akhir Mei.

Situasi cair di dekat Bakhmut telah menjadi fokus banyak perhatian, dengan Ukraina mencatat kemajuan di pinggiran selatan kota, khususnya desa strategis Klishchiivka.

Membebaskan desa, yang terletak di tempat yang lebih tinggi, akan memberikan keuntungan operasional pasukan Ukraina yang berpotensi mengepung pasukan Rusia di Bakhmut, menurut para analis.

Ukraina mengatakan pada Senin bahwa pihaknya mengendalikan ketinggian yang mengelilingi desa, memungkinkannya menembak sasaran di Bakhmut.



Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah memukul mundur sembilan upaya kemajuan Ukraina di wilayah Donetsk timur, termasuk satu serangan di dekat Kliishchivka.

Di selatan, Ukraina mengatakan telah merebut kembali sekelompok desa pada tahap awal perjalanan menuju Laut Azov, dengan tujuan memutuskan jembatan darat Rusia yang menghubungkan Ukraina timur ke semenanjung Crimea, yang dianeksasi pada tahun 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)